Thursday 24 April 2014

Salam Kenari mania, disini kami akan menjelaskan cara atau panduan berternak kenari untuk pemula atau yang masih newbie.
Pertama hal yang perlu diperhatikan adalah :

Usia burung yang akan dijadikan indukan

Usia burung kenari yang akan dijadikan indukan adalah faktor penting dalam memulai proses budidaya kenari. Pada umumnya indukan yang sudah siap untuk di kawinkan berumur sekitar 8 bulan untuk kenari jantan dan umur minimal 6 bulan untuk kenari betina. Jadi anda harus mengetahui umur kenari yang anda miliki. hati-hati dengan penipuan jika anda membeli indukan di penjual burung, usahakan anda membeli kepada penjual kepercayaan anda. umur yang terlalu muda akan mempengaruhi kualitas anakan yang dihasilkan.

Jenis Kelamin burung kenari.

Sudah pasti ini sangat mempengaruhi. burung kenari juga tidak mau kawin sesama jenis :D
intinya jika kenari jantan siap kawin pasti kenari tersebut sudah bisa bernyanyi panjang lebar untuk menarik perhatian kenari betina dan kenari betina bisa dibedakan dengan melihat kelamin dan perutnya.

Kandang atau sangkar untuk kenari

Siapkan sangkar khusus untuk kenari melangsungkan perkawinan, dan sangkar biasa untuk memisahkan pejantan (jika dirasa perlu) pilih tempat perkawinan yang nyaman dan bebas dari bahaya karena sangkar tidak boleh dipindah pindah. pilih tempat yang teduh dan lindungi atau lingkari dengan kapur semut.

Proses Penjodohan Kenari

  • Pertama dekatkan kedua indukan (disangkar yang berbeda) posisi sangkar betina sudah dilengkapi tisu dan tempat untuk membuat sarang.
  • Kedua, selalu perhatikan kedua kenari tersebut sampai terlihat tanda-tanda sang jantan akan mengejar atau menabrak sangkar dengan kencang dan sang betina menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin. Selain itu perhatikan apakah sang betina sudah merapikan sarangnya (bunderi) itu berarti tanda kedua kenari tersebut siap kawin.
  • Ketiga, masukkan kenari jantan kedalam sangkar kenari betina.

NB: siapkan makanan yang cukup dan bergizi untuk menunjang kesehatan indukan

0 comments:

Post a Comment