Tuesday 6 May 2014

Banyak kicau mania yang bertanya - tanya mengapa kenarinya hanya ngeriwik walaupun sudah cukup umur, umur kenari sudah bisa bernyayi berkisar antara 7~8 bulan dan perlu diketahui hanya kenari jantan yang dapat bernyanyi karena kenari jantan bernyanyi untuk menarik perhatian betina pasca kawin . Jika burung kenari anda belum bernyanyi walaupun sudah cukup umur maka hobikenari akan menjelaskan beberapa cara agar kenari tersebut bisa bernyanyi seusianya



  • Jika Anda sudah tahu kalau kenari yang masih ngeriwik adalah jantan, maka yang harus diubah adalah pola perawatan standar. Perubahan itu bisa dari pola mandi dan jemur yang bisa ditingkatkan setiap harinya. Misalnya, setelah dimandikan dan diangin-anginkan, burung dijemur dan hanya diberi pakan sayuran segar atau buah-buahan saja. Hal ini bertujuan untuk membuang dahak atau cairan yang ada dalam tenggorokannya.
  • Kenari termasuk burung sosial atau berkelompok.  Jadi dalam hal ini cobalah dekatkan atau tempel kenari Anda dengan kenari lain yang memiliki suara kencang / gacor. Hal ini akan memancing kenari Anda untuk ikut bersuara dengan lantang
  • Berikan pakan biji-bijian yang lengkap seperti canary seed yang dicampur dengan niger seed dan juga bijian hitam lainnya, untuk merangsang birahinya. Sediakan pula selada dan  telur rebus yang diberikan dua kali seminggu.
  • Kenari yang mengalami kegemukan juga cenderung tidak mau bersuara lantang, dan hanya ngeriwik saja, karena kandungan lemak menekan kantung udara dan membuatnya esulitan saat mengambil nafas untuk berkicau dengan suara ngerol. Hal itu pula yang menjadikan kenari cepat lelah dan tidak mau banyak bergerak (tidak aktif).
Sumber: Omkicau

0 comments:

Post a Comment